Selasa, 22 September 2015

Virus



Pengertian Virus

Diadalam ilmu biologi istilah virus pertama kali diperkenalkan oleh Adolf Mayer seorang bapak virologi (ilmu yang mempelajari virus) modern yang berasal dari Jerman pada tahun 1883. Saat itu Mayer sedang meneliti penyakit aneh berupa bercak pada daun tembakau yang menyebabkan gagal panen (virus mozaik), ditemukan pada penelitian tersebut ternyata penyakit aneh itu bisa menular ke tanaman tembakau yang sehat. Semula penyakit tersebut disimpulkan karena serangan bakteri tetapi kesimpulan itu dibantah oleh Dmitri Ivanowskyseorang biolog asal Rusia yaang menemukan bahwasanya ukuran penyakit pada tanaman tembakau tersebut memiliki ukuran lebih kecil daripada bakteri. Hal tersebut diperkuat olehMartinus Beijernick peneliti dari Belanda yang membuat penemuan bahwa ternyata agen pembawa penyakit tersebut dapat memperbanyak diri pada sel yang sedang melakukan pembelahan.
virus
Karena masih belum bisa di definisikan secara tepat maka agen pembawa penyakit yang menyerang tanaman tembakau itu di sebut dengan istilah “virus” yang artinya adalah “racun”. Itulah pengertian virus yang sebenarnya, ilmu pengetahuan untuk penelitian virus terus berkembang. Terakhir dipastikan bahwasanya struktur virus memang berbeda dengan struktur bakteri dan mikroorganisme lainnya. Oleh karena itu pengertian virus yang paling tepat adalah racun.

Ciri-Ciri Virus

  1. Virus sendiri tidak memiliki sel satu pun dan sering di sebut sifat aseluler.
  2. Berkembangbiaknya menggunakan sel yang terdapat pada makhluk hidup lainnya.
  3. Virus ukurannya sendiri sekitar 20-300 milikron.
  4. Di dalam tubuhnya hanya ada satu macam asam nukleat saja kalau tidak DNA ya RNA.
  5. Virus dapat di bekukan dengan cara di kristalkan.
  6. Bentuknya sangat bervariasi dan juga beragam ada yang berbentuk heliks, kompleks, polihidris dan ada pula yang berbentuk sampul virus.
  7. Tubuh virus terdiri dari asam nukleat yang terlindungi dengan baik oleh kapsid.

Habitat Virus

Virus menunjukkan kehidupannya ketika ada di dalam sel makhluk hidup lain atau sel inangnya. Sel inangnya berupa makhluk hidup seperti bakteri, sel yang terdapat pada tumbuhan, hewan dan manusia dan juga pada mikroorganisme eukariot.

Klasifikasi Virus

Virus diklasifikasikan berdasarkan:

1. Berdasarkan Tempat Hidupnya
a. Virus bakteri (bakteriofage)
Bakteriofage adalah virus yang menggandakan dirinya sendiri dengan menyerbu bakteri. Dibandingkan dengan kebanyakan virus, ia sangat kompleks dan mempunyai beberapa bagian berbeda yang diatur secara cermat. Semua virus memiliki asam nukleat, pembawa gen yang diperlukan untuk menghimpun salinan-salinan virus di dalam sel hidup.

b. Virus tumbuhan

Virus yang parasit pada sel tumbuhan. Contoh virus yang parasit pada tumbuhan: Tobacco Mozaic Virus (TMV) dan Beet Yellow Virus (BYV).

c. Virus hewan
Virus yang parasit pada sel hewan. Contoh virus hewan: virus Poliomylitis, virus Vaccina, dan virus Influenza.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar